Kamis, 12 Juli 2012

Pertumbuhan dan Perkembangan Paradigmatik Ilmu Pengetahuan Sosial

Pertumbuhan dan Perkembangan Paradigmatik Ilmu Pengetahuan Sosial

 

 Hampir seluruh ilmu pengetahuan yang berkembang kemudian dan mulai melepaskan dirinya dari induknya pernah diragukan keberadaannya sebagai cabang ilmu pengetahuan baru, sehingga pertanyaan yang paling sering sekaligus paling fundamental dipertanyakan pada setiap cabang pengetahuan yang baru melepaskan diri dari induknya tersebut adalah, apakah ilmu yang baru lahir tersebut memenuhi syarat sebagai Ilmu Pengetahuan ?

 Umumnya dan terutama para ahli ilmu eksakta, sepakat bahwa ilmu adalah pengetahuan disusun dan diatur sekitar hukum-hukum umum yang telah dibuktikan kebenarannya secara emperis, artinya, dengan kata lain, sesuatu dinyatakan menjadi ilmu pengetahuan apabila di dalamnya telah tersusun hukum-hukum/teori-teori /kaidah-kaidah yang berdasarkan pada pengamatan emperis telah terbukti kebenarannya.

 ika pemahaman ilmu dalam ilmu eksakta tersebut dipakai sebagai patokan, maka hampir seluruh ilmu sosial belum memenuhi syarat sebagai ilmu, karena hingga sekarang ilmu-ilmu sosial belum menemukan hukum-hukum ilmiah yang benar-benar dapat dibuktikan kebenarannya secara emperis.

Karena itu dalam ilmu sosial definisi yang diajukan cenderung bersifat umum, seperti yang dikutip oleh Miriam Budiardjo pada pertemuan sarjana-sarjana politik di Paris tahun 1948, yang menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah :

The sum of coordinated knowledge relative to a determined subject (Ilmu pengetahuan adalah keseluruhan dari pengetahuan yang terkoordinasi mengenai pokok pemikiran tertentu -  Miriam Budiardjo: 4: 1998).

 engan definisi ini, maka jelaslah banyak ilmu pengetahuan sosial yang diakui keberadaanya sebagai ilmu pengetahuan  yang mapan, karena mempersyaratkan ketentuan yang sangat luas yaitu asalkan pengetahuan tersebut telah terkoordinasikan saja.

Ismani HP, Menunjukan  4 (empat) syarat yang perlu dipenuhi suatu pengetahuan untuk disebut sebagai disiplin ilmu, yaitu :

1. a body of knowledge systemized
2.
a effective method
3.
a definite subject matter
4.
The formulation of general truth

1 komentar:

  1. alhamdulillah blog saya sekarang sudah selesai,...
    meskipun mengalami kegagalan berkali",aku berusaha menyelsaikanya,...
    iahh bila ada salah kata mohon d maavkan,karna maklum baru saja mengetahui cara membuat blog,...

    sekian prcakapan dari saya wassalamuiallaikum.wr.wb

    BalasHapus